Penumpang Kereta Whoosh Meningkat hingga 50 Persen di Momen Libur Panjang

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 09/Feb/2024 21:40 WIB
Foto:dok.KCIC Foto:dok.KCIC

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pengguna kereta cepat Whoosh mengalami peningkatan signifikan di periode libur panjang Isra Miraj dan Imlek kali ini. 

Puncaknya terjadi pada Kamis 8 Februari 2024 dimana Whoosh melayani sekitar 20 ribu penumpang, meningkat 50% dibandingkan periode yang sama pekan sebelumnya. Hal itu disampaikan General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa, Jumat (9/2/2024).

Baca Juga:
Gempa Garut Magnitudo 6,5, KCIC Pastikan Operasional Whoosh Tetap Normal

Dijelaskan Eva, peningkatan jumlah penumpang mulai terlihat sejak Rabu 7 Februari 2024 dimana Whoosh melayani sekitar 18 ribu penumpang atau mengalami peningkatan sekitar 47% jika dibandingkan dengan Pekan lalu.

"Untuk mengakomodir peningkatan permintaan tersebut, KCIC telah melakukan penambahan 8 perjalanan sehingga totalnya menjadi hingga 48 perjalanan Whoosh per hari," ujar Eva.

Baca Juga:
Belum Layani Penumpang, Stasiun Whoosh Karawang Punya Peran untuk Pastikan Kelancaran Perjalanan

Untuk perjalanan tanggal 9 dan 10 juga mendapat respons yang sangat baik dari penumpang. Untuk keberangkatan tanggal 9 Februari, tiket perjalanan untuk relasi Halim-Tegalluar juga sudah terjual dengan kapasitas maksimum untuk mayoritas jadwal.

"Adapun secara total volume pada Jumat 9 Februari, pada sore hari telah mencapai sekitar 17.500 penumpang, jumlah tersebut akan terus bertambah seiring dengan masih dilakukannya penjualan tiket," ujar Eva.

Baca Juga:
Kecepatan Whoosh Dibatasi Gegara Hujan Lebat, Perjalanan Terlambat

Dijelaskan pula, whoosh sangat efektif untuk memberikan layanan transportasi antarkota yang bebas dari kemacetan terutama di musim libur panjang. Berdasarkan survey, sebesar 48 persen pengguna kereta cepat Whoosh sebelumnya adalah pengguna kendaraan pribadi.

Eva menngungkapkan, kehadiran Whoosh berhasil mendorong penggunaan moda transportasi publik di masyarakat dan juga berhasil mengurangi beban kendaraan di jalan raya. Diharapkan dengan berbagai peningkatan layanan dan kemudahan, kereta Whoosh dapat menarik lebih banyak masyarakat untuk menggunakan moda transportasi publik.(fhm)